Sewa Trowel dan Ragam Alat Berat Untuk Konstruksi Bangunan



Kegiatan konstruksi bangunan tentu membutuhkan alat-alat khusus agar proses pembangunan dapat berjalan lancar. Sebut saja mulai dari sewa trowel dan sejumlah alat lainnya. Penggunaan alat-alat ini terutama bermanfaat agar proses pembangunan bisa semakin menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Ada beragam alat yang digunakan dalam proses pembangunan sebuah bangunan. Tiap alat memiliki fungsinya masing-masing dan saling melengkapi satu sama lain dalam pembangunan bangunan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Macam-macam Alat Berat Untuk Konstruksi Bangunan


1. Chain Saw

Chain saw ialah alat pemotong batang pohon atau jenis kayu lainnya. Sistem pengoperasiannya terutama mengandalkan mesin agar dapat menggerakkan rantai gergaji yang ada di dalamnya. Dulunya, alat ini hanya bisa ditemukan dalam bentuk besar dan pengoperasiannya butuh lebih dari satu orang.

Sekarang, chain saw telah memiliki desain yang lebih praktis. Alat ini juga dapat dioperasikan oleh satu orang saja. Bentuknya tak lagi besar dan bisa diangkat satu orang. Proses pemotongan maupun pembelahan batang kayu akan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Trowel

Sewa trowel juga kerap ditemukan dalam tiap konstruksi bangunan. Alat ini digunakan dalam meratakan serta menghaluskan permukaan beton yang masih di tahap pengerasan. Mesin trowel memiliki dasar yang terdiri dari sejumlah daun pelat baja, di mana pelat-pelat ini bisa berputar serta menghaluskan permukaan beton.

Permukaan beton yang telah dihaluskan menggunakan trowel akan bisa lebih kuat serta awet dibandingkan permukaan beton yang dihaluskan menggunakan tangan. Inilah mengapa sewa trowel Semarang banyak dicari dalam pekerjaan konstruksi bangunan. Apalagi, mesin ini dapat pula digunakan dalam menghaluskan permukaan lantai berbahan batuan keras.


3. Mesin Poles Lantai dan Dinding

Polisher machine atau mesin poles ini terutama akan digunakan dalam membantu proses pembersihan serta pengkilapan lantai. Jenis low speed akan digunakan untuk memoles lantai marmer, scrubing floor, coating floor, brushing floor serta shampoing karpet dengan sistem boneting.

4. Gerinda Tangan


Mesin gerinda tangan memiliki fungsi dalam menggerinda benda kerja. Mesin gerinda sendiri pada awalnya hanya akan digunakan dalam menggerinda benda kerja logam keras seperti stainless steel ataupun besi. Menggerinda sendiri bertujuan dalam mengasah benda, misalnya pisau pahat.

Tujuan lain dari pemakaian gerinda tangan ialah merapikan hasil las dan potongan, membentuk lengkungan di benda kerja yang memiliki sudut, hingga menyiapkan permukaan benda kerja sebelum dilas. Itulah mengapa alat ini sangat bermanfaat dan banyak disewa selain sewa trowel.

5. Kompresor Angin

Mesin satu ini berfungsi dalam meningkatkan tekanan serta memapatkan fluida baik gas maupun udara. Mesin kompresor angin sendiri biasanya akan menggunakan motor listrik, mesin diesel ataupun mesin bensin untuk menggerakkannya. Prinsip kerjanya kurang lebih mirip paru-paru manusia.

Saat manusia mengambil nafas dalam guna meniup api pada lilin, akan ada peningkatan tekanan udara dalam paru-paru. Udara bertekanan akan dihasilkan dan diembuskan lagi agar dapat meniup lilin tersebut. Sering ditemukan salah pengertian terkait mesin ini, di mana makin besar ukurannya maka konon makin tinggi juga tekanannya.

Padahal, yang sebenarnya terjadi tidaklah seperti itu. Makin besar ukuran sebuah kompresor, maka kecepatan pengisian udara ke dalam tanki akan semakin tinggi. Hal ini akan turut mengakibatkan peningkatan tekanan semakin cepat. Sewa mesin kompresor harus benar-benar memperhatikan ukurannya, sama halnya seperti ketika sewa trowel untuk konstruksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP