Sewa Inverter Frekuensi dan Ragam Alat Berat Konstruksi


Pekerjaan konstruksi tentu akan membutuhkan alat-alat berat agar didapat hasil seperti yang diinginkan. Mendapatkan alat-alat berat ini bisa melalui kontraktor atau penyewa khusus alat berat. Banyak ragam alat berat serta alat-alat lain yang biasanya digunakan pada konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa di antaranya.


Alat-alat Berat Untuk Konstruksi Bangunan


1. Inverter 

Inverter disebut pula variable speed drive atau variable frequency drive. Alat ini digunakan dalam mengatur kecepatan motor. Caranya adalah mengubah nilai frekuensi serta tegangan yang masuk ke dalam motor. Pengaturan dari frekuensi serta tegangan ini dilakukan agar didapat kecepatan putaran serta torsi motor yang dikehendaki sesuai kebutuhan.

Prinsip dasar inverter secara sederhana ialah mengubah frekuensi agar bisa menjadi lebih besar ataupun kecil dengan cara mengubah tegangan dari AC menjadi DC kemudian kembali menjadi AC. Sewa inverter frekuensi terbilang umum dilakukan.

2. Chain Saw

Alat berat yang biasa disewakan selanjutnya adalah chain saw. Alat ini digunakan dalam pemotongan batang pohon atau jenis kayu lain. Sistem pengoperasiannya akan menggunakan mesin agar rantai gergaji bisa bergerak di dalamnya. Dulunya alat ini harus dioperasikan lebih dari satu orang. Namun kini, desainnya dibuat sedemikian rupa agar lebih sederhana.

3. Mesin Poles 

Mesin poles atau polisher machine terbilang tidak kalah penting dibanding sewa inverter frekuensi. Pasalnya, mesin ini digunakan dalam proses pembersihan serta pengkilapan lantai. Jenis mesin low speed umumnya akan digunakan untuk lantai marmer agar lebih berkilau.

4. Gerinda Tangan

Gerinda tangan digunakan dalam menggerinda benda kerja. Mulanya mesin ini hanya dapat bekerja untuk bahan-bahan tertentu seperti stainless steel serta besi. Menggerinda sendiri memiliki tujuan agar benda kerja terasah dan membentuk serta merapikan hasil potongan. Bisa juga untuk merapikan hasil las serta menyiapkan permukaan benda kerja sebelum dilas.

5. Bor Dinding

Bor dinding mirip seperti bor tangan. Bedanya, bor dinding akan dapat berputar serta memiliki getaran yang cocok dengan permukaan dinding. Mata bornya juga dibuat secara khusus.


6. Kompresor Angin

Kompresor angin ialah mesin mekanik dengan fungsi utama meningkatkan tekanan serta memampatkan fluida udara atau gas. Mesin ini biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel maupun bensin sebagai penggerak. Kompresor angin tidak kalah bergunanya dengan sewa inverter frekuensi.

Seringkali ada kesalahan pemahaman terkait mesin kompresi. Orang-orang beranggapan bahwa semakin besar ukuran kompresor maka tekanannya juga akan semakin tinggi. Pernyataan yang benar ialah makin besar kompresor, maka kecepatan pengisian udara ke dalam tangki akan makin tinggi.

7. Takel

Takel atau disebut pula chain block ialah alat pengangkat manual yang sederhana serta menggunakan roll atau pulley, roda gerigi, pengait serta rantai. Alat ini memiliki ukuran cukup kecil serta digunakan dalam pengangkatan beban yang cukup beragam.

8. Mesin Las

Mesin las atau trafo ialah komponen elektronik dari kumparan kawat email. Mesin ini umumnya sama seperti jenis-jenis trafo pada biasanya, walau secara fungsi sedikit berbeda. Trafo las listrik lebih seperti sebuah transformator di mana kerjanya adalah mengubah tegangan tinggi menjadi tegangan menengah sampai tegangan rendah.

Itulah beberapa alat berat yang umum disewa untuk konstruksi bangunan. Kita bisa lihat daftar harga inverter serta alat berat lain di tempat khusus penyewaan alat-alat berat. Pastikan kita menyewa alat berat dari tempat yang tepat agar konstruksi bangunan bisa selesai secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP